Tentang GlobeTheoLib

GlobeTheoLib merupakan proyek mendunia pertama untuk menjawab dengan strategis tantangan akan transfer ilmu pengetahuan teologi yang lebih seimbang antara gereja-gereja dan institusi-institusi pendidikan teologi di Utara dan Selatan, Timur dan Barat, dan untuk menyediakan platform bersama untuk sumber-sumber digital yang ada dan perpustakaan teologi di dunia.

GlobeTheoLib ditujukan untuk:

  • Para pengguna pribadi, peneliti teologi, pendidik dan siswa/mahasiswa (yang bisa mengupload dan mengunduh sumber-sumber full teks)
  • Perpustakaan-perpustakaan teologi (fasilitas untuk koleksi khusus teologi)
  • Asosiasi perpustakaan teologi (platform global bersama)
  • Asosiasi sekolah teologi (tesis Master dan desertasi doktoral; e-courses)
  • Gereja-gereja dan para pendeta spesialis (memperkuat penelitian bersama)
  • Penyedia konten (penyebaran pengguna yang lebih luas)
  • Organisasi ekumenis regional dan Komuni Dunia Kristen (dokumentasi arsip-arsip ekumenis)

GlobeTheoLib diinisiasi oleh Globethics.net dan the World Council of Churches, direpresentasikan melalui programnya pada Ecumenical Theological Education (ETE), untuk mendorong berbagi keahlian dalam penelitian dan pendidikan teologi, dan yang dapat mengkounter beberapa ketidakseimbangan dalam pekerjaan sekarang di dunia Kristen dan sistem pensisikan teologi dunia.

Setelah konsultasi ekstensif, proposal menerima dukungan dari workshop internasional di Jenewa pada September 2010 yang dihadiri oleh para ahli dari gereja-gereja, perpustakaan teologi dan organisasi-organisasi internasional. workshop ini diikuti dengan pembentukan sebuah Konsorsium untuk Perpustakaan Digital Global dalam Teologi dan Ekumenisme, di mana dewan Gereja-gereja Dunia dan Globethics.net merupakan institusi pendirinya. Anggota lainnya dari Konsorsium termasuk asosiasi seminari teologi dan perpustakaan teologi, Komuni Dunia Kristen, dan Organisasi Ekumenis Regional.

GlobeTheoLib menggunakan platform Globethics.net, yang sudah menampung lebih dari 500.000 dokumen full teks dalam Perpustakaan Digital Global tentang Etika yang sudah online sejak Oktober 2008. 
Konten GlobeTheoLib berasal dari sumber-sumber utama berikut ini:

  • Penyedia Komersial: GlobeTheoLib menyediakan konten berbayar bisa diakses oleh partisipan individual yang terdaftar dalam kerangka biaya langganan institusi atau konten yang dibeli melalui negosiasi dengan penerbit.
  • Repositori terbuka: GlobeTheoLib memanen repositori Open akses yang ada menggunakan daftar kata-kata kunci yang sesuai dalam berbagai bahasa.
  • Institusi-institusi Partner: GlobeTheoLib menwarkan kepada insitusi partner untuk memasukkan dokumen-dokumen mereka ke perpustakaan online dan membaut koleksi khusus.
  • Partisipan Individu: GlobeTheoLib membolehkan partisipan yng terdaftar untuk memasukkan dokumen mereka ke database online.

Dalam usahanya untuk memberikan ekspos yang lebih besar pada sumber-sumber teologi dan ekumenisme dari seluruh bagian di dunia, khususnya bagi mereka yang ada di Dunia Selatan, GlobeTheoLib menyediakan, dalam kepartneran dengan penyedia layanan, sebuah platform penerbit jurnal elektronik.